Translate

Rabu, 09 Januari 2013

Gambaran Cinta Ratih yang Tak Sempurna ep.1

Ratih itu anak yang polos. Dia masih kelas satu SMP .  Menurut Ratih, apa yang ditemuinya sehari-hari adalah hal baru yang membingungkan, dan dia tak mengerti harus bersikap seperti apa. karenanya dia terus menerus belajar dari pengalam sehari-harinya.

Jam Pelajaran Biologi – kode etik
Aria : Dia nyebelin banget, Tih. Masa aku bayar sendiri. Untung aku bawa uang. Coba enggak, kan malu. Dih, baru gebetan aja dah pelit, apalagi kalo jadian?! Bisa-bisa kami unversari ga ada kado, ga ada makan malam romantis. Dih, ilfil deh.
Ratih : (mengerutkan kening, memilah antara binomial nomenklatur atau ‘Dih ilfil deh’-nya Aria) Memang kalau kencan dibayarin cowok ya?
Aria : Ya iya lah! Itu kan kode etik! Semua juga dah ngerti kalo cowok ma cewek jalan bareng, yang bayarin cowoknya. Namanya juga baru pe-de-ka-te, namanya juga mo pacaran, ya pake modal dong. Masa diem aja tau ada cewek lagi beli es krim, malah pura-pura ga tahu lagi. Itu namanya sudah melanggar kode etik! Ngerti kamu, Tih?! Melanggar kode etik berpacaran.
Ratih : (mengangguk sambil berkonsentrasi pada Kelas insecta) Emm....ngerti, sedikit.


Jam Pelajaran Olah Raga – cowok mampus aja.

Kitty : Cukup tau aja ya, ada cowok jahat kayak dia itu. Dih, amit-amit deh kenal. Pa lagi ampe jadian. Mestinya cowok kayak dia tu mampus
Aria : Betul banget, Kit. Berani-beraninya dia mutusin si Gina. Macarin Gina cuma buat manfaatin aja. Gitu dah kesampaian main putus aja. Mampus aja deh tu cowok!
Gina : (tersedu-sedu, sesekali menatap temannya secara bergantian, lalu menangis lagi) Huhuhuhu.....huhuhuhu....
Ratih : (Membelai kepala Gina dengan iba) Udah, Gin, jangan nangis terus.
Kitty : Awas aja ya tu cowok, gue bikin mampus ntar. Tenang, Gin, ntar kita minta bantuan Bang Jero buat ngerjain dia. Biar mampus tu cowok!
Aria :  Ide bagus tu, Kit. Cowok sok kecakepan gitu mampus aja! Mati sono lo dikerjain Bang Jero!
Gina : (Makin kenceng nangisnya) Huhuhuhuhu....huhuhuhuhu.....huhuhuhuhu....
Ratih : (Menatap Gina dengan iba. Menatap Kitty dan Aria dengan iba.) “ini pembunuhan berencana,” batinnya.




Jam istirahat – Mungkin ini kode etik??
Kantin sedang penuh sesak, Ratih yang berniat membeli roti, dan seabreg titipan dari Gina, Aria, dan Kitty, agak kesusahan menembus kerumunan anak-anak yang kelaparan. Namun dengan ketenangannya, dia dapat maju sedikit demi sedikit mendekati meja kanting yang penuh pilihan jajanan. Meski sempat hampir terjengkang karena dua cewek mendadak mundur. Ternyata, ada orang yang menahan tubuh Ratih dari belakang.
Wasis : Woi, ati-ati dong kalo lagi ngantri! Kamu, ga apa-apa, Tih?
Ratih : Ga papa, Sis. Makasih ya.
Wasis : Kamu mau beli apa sih? Sini biar ku ambilin. Tangan ku kan lebih panjang.
Ratih : (Agak malu sebenarnya, tapi sudah ditawari, ya apa boleh buat) Roti coklat 3, roti nanas 1, martabaknya 2, dadar gulung 1, tahu bakso 1, susu coklat 3.
Wasis: (Mengerutkan kening keheranan) Banyak banget makan mu, Tih?
Ratih : (Wajah Ratih memerah) Emmm...itu titipannya Gina, Aria, dan Kitty juga. Aku cuma beli roti nanas.
(Wasis lantas sibuk mengambilkan pesanan Ratih. Dengan cekatan dan sigap dia mengalahkan siswa lain dan menyerahkan jajanan Ratih sudah dalam kantong plastik.)
Wasis : Oke, nih semua yang kamu beli, jadinya 16ribu. Mana uangnya, biar sekalian, kan tangan ku lebih panjang. Hehehehe...
(Ratih menyerahkan uang, kemudian mengucapkan terimakasih pada Wasis. Lantas ia buru-buru kembali ke kelas menemui teman-temannya.)
Aria : Hore....Ratih sudah datang. Makan...makan....makan...makan...
Gina : uangnya kurang ga, Tih?
Ratih : Enggak, Gin.
(Ratih bingung, uang yang dititipkan teman-temannya memang pas. Tapi, kenapa uangnya sendiri masih utuh? Apa Wasis salah hitung? Ga mungkin, dia ikut olimpiade matematika kemarin. Atau, Wasis membayar roti nanas Ratih? Jadi ini kode etik? Tapi kan mereka tidak sedang kencan?!)


Jam Pelajaran Sejarah – Cinta Jaman Purba
Teman sebangku Ratih adalah Aria. Sedangkan Kitty dan Gina sebangku dan duduk di depan bangku Ratih. Namun hari ini Ratih bersama Gina, karena Aria dan Kitty hendak membahas hal penting.
(Berikutnya, yang ditulis miring artinya adalah tulisan tangan, bukan percakapan)
Gina : (Menulis di pojok bawah buku catatannya) Tih, kamu kenal Tri? 
(lantas menggeser buku Ratih dengan sengaja)
Ratih : (Bolpoinnya menorehkan garis panjang gara-gara bukunya bergeser. Dia menatap Gina heran. Baru kemudian mengerti. Dia membalas). Tri siapa?
Gina : Triadi, anak 10-5
Ratih : (Mengangguk sembari menatap Gina)
Gina : Kenal dimana? Kemarin kamu ngobrol sama dia y?
Ratih : (Menatap Gina heran, lantas menulis jawaban untuk Gina) Porseni SD
Gina : ??? Kalian se-SD?!
Ratih : Tidak.Kenapa? Kamu mau kenalan?
Gina : (Menggeleng keras-keras, lalu buru-buru menulis), Ga. Dia kan masa lalu.
Ratih : ???
Gina : Cinta jaman purba.
Ratih : ??? Mantan pacar?
Gina : Kalo kamu mau, ambil aja?
Ratih : ???
Gina : Cowok kayak dia ga cocok di jaman sekarang.
Ratih : Kenapa?
Gina : Sekolah jalan kaki, tas aja selempangan gitu, baju selalu dimasukkan, cadangan terus kalo main bola, kemana-mana bawa solder. Aneh kan?
Ratih : Hmm?! Aneh bagaimana?
Gina : ih...kuno, ga cocok sama anak SMA jaman sekarang. Dia itu manusia purba!
Ratih : (menatap Gina dengan heran. Gina sudah menghentikan ngobrol via kertas-nya. Sekarang Gina malah tampak kesal dan melampiaskan dengan mencorat-coret buku sejarah milik sekolah. Ratih lantas mengingat-ingat wajah Triadi, kemudian membandingkannya dengan gambaran manusia purba di buku sejarah.) “Tidak mirip,” batinnya.


(bersambung....)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Populer